Kakanwil Sumsel Lakukan Pendampingan Evaluasi ZI Secara Virtual

2 6286785e3623ae40535c8982

Lahat - Bertempat di Ruang rapat Lapas Kelas IIA Lahat Kanwil Kemenkumham Sumsel, Kalapas didampingi Ketua Pokja dan Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM Lapas Lahat Mengikuti Entri Meeting Evaluasi Zona Integritas (ZI) Via Zoom dengan Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Wilayah V. Kamis, (19/05).

 

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto. Dalam sambutanya, Kakanwil Kemenkumham Sumsel meminta agar seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk dapat lebih serius dalam mencapai Predikat WBK/WBBM 

 

Kalapas Kelas IIA Lahat, Soetopo Berutu menyampaikan bahwa Lapas Lahat siap dalam menghadapi Desk Evaluasi oleh tim TPI nantinya dan juga kita optimis akan dapat meraih predikat WBK tahun ini. 

 

1 6286785415834766df6f03a2

Sebanyak 32 Orang Pegawai Lapas Lahat Naik Pangkat

WhatsApp Image 2022 05 20 at 01.00.45

Lahat, - Bertempat di Aula Lapas Lahat pada Kamis, 19 Mei 2022, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat Kanwil Kemenkumham Sumsel, menggelar upacara kenaikan pangkat Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk periode 1 April kepada 32 (Tiga puluh dua) orang pegawai Lapas Lahat.

Bertindak sebagai inspektur Upacara, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat Kemenkumham Sumsel Soetopo Berutu, secara langsung menyematkan tanda kenaikan pangkat kepada ke 32 (Tiga puluh dua) Pegawai Lapas Lahat tersebut.

Namun sebelum itu, terlebih dahulu dilakukan pembacaan Surat Kepurusan (SK) kenaikan pangkat oleh Kepala Urusan Umum Lapas Lahat Andi Irawan, S.H. dan kemudian barulah disusul dengan penyematan tanda kenaikan pangkat dan serah terima SK oleh Kepala Lapas Lahat Kemenkumham Sumsel Soetopo Berutu.

Adapun golongan pangkat ke 32 (Tiga Puluh Dua) orang pegawai yang menerima kenaikan pangkat tersebut di antaranya; 26 (Dua Puluh Enam) orang dari pangkat Pengatur Muda II/a menjadi pangkat pemgatur Muda Tk.I II/b, 1 (Satu) orang pangkat Pengatur II/c menjadi Pengatur Tk.I II/d, 2 (Dua) orang dari pangkat Penata Muda III/a menjadi Penata Muda Tk.I III/b serta 1 (Satu) orang lagi dari pangkat Penata III/c ke Penata Tk.I III/d.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat Kemenkumham Sumsel Soetopo Berutu dalam sambutannya berpesan kepada pegawai agar dalam tugasnya senantiasa memiliki kesadaran yang tinggi, bertanggung jawab dan bekerja keras untuk kinerja yang optimal.

“Kenaikan pangkat adalah hak setiap ASN atas pengabdian kerja, dedikasi dan loyalitas terhadap tugas yang diemban setiap ASN, kenaikan pangkat bukanlah sebuah hadiah melainkan sebuah kepercayaan dari bangsa dan negara, jaga dan syukuri amanah ini sebaik- baiknya dibalik kenaikan pangkat baru itu ada konsekuensi dan tanggung jawab lebih dari sebelumnya, kenaikan pangkat ini tentu dibareng dengan penambahan gaji,dan itu patut disyukuri bersama keluarga, dengan pangkat baru hendaknya saudara- saudara tidak menjadi sombong, tapi tetaplah menjadi ASN rendah hati, jaga integritasmu dan bekerja profesional, jaga marwah dan nama besar Pemasyarakatan dan Kemenkumham.
Selamat atas kenaikan pangkat barunya, semoga saudara-saudara semua lebih bersemangat lagi dalam bekerja, ingat prestasimu saat ini bukan karena kemampuan dan kehebatanmu tetapi ada doa orang tua dan Istrimu di balik kesuksesanmu itu jadi hargalah sebaik mungkin.

Selanjutnya mari kembangkan terus kompetensi dan intlektualmu demi masa depan kariermu kelak, saya sangat mendukung apabila ada pegawai yang ingin atau akan melanjutkan kuliah, karena kuliah juga sangat membantu untuk menunjang karir dan kepangkatan.” Pesan Kalapas.

Kemudian, acara ditutup dengan melakukan foto bersama seluruh jajaran keluarga besar Lapas Kelas IIA Lahat. Namun sebelum itu, seluruh pegawai Lapas Lahat yang naik pangkat tersebut terlebih dahulu menjalani tradisi siraman air kembang.

WhatsApp Image 2022 05 20 at 01.00.451WhatsApp Image 2022 05 20 at 01.00.431WhatsApp Image 2022 05 20 at 01.00.44

Lapas Lahat Peringati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 Bersama Warga Binaan Pemasyarakatan

WhatsApp Image 2022 05 17 at 13.28.471

Lahat, - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2022, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat Kemenkumham Sumsel bersama dengan sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), gelar Upacara Bendera di lapangan olahraga Lapas Lahat, Jumat 13 Mei 2022. Upacara diselenggarakan secara tatap muka terbatas, minimalis, dan dengan protokol kesehatan pada pukul 08.00 WIB. Disebutkan juga dalam Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hardiknas 2022, tema tahun ini adalah "Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar". Kepala Lapas Lahat Kemenkumham Sumsel Soetopo Berutu bertindak sebagai inspektur Upacara menyampaikan pidato dari Menteri Pendidikan terkait Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan. Selain itu Soetopo memberikan statement rencana melaksanakan kerjasama program Pembelajaran jenjang kesetaraan Paket A paket B dan paket C. Bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. "Lapas Lahat siap memfasilitasi keinginan WBP untuk mengembangkan wawasan berpikir, meningkatkan intelektual kepribadiannya dengan belajar. yang mana nantinya, kami selenggarakan bersama WBP. Sejauh ini sudah ada 30 orang warga binaan yang bersedia untuk belajar dengan program kesetaraan tersebut.” Kata Soetopo.
Bertindak sebagai Komandan upacara Juarsa dan Perwira Upacara Firzon, kegiatan upacara ini di ikuti seluruh pejabat struktural dan petugas Lapas Lahat beserta sejumlah WBP Lapas Lahat. Melalui kegiatan ini Kepala Lapas Lahat Kemenkumham Sumsel Soetopo Berutu berharap bahwa dengan semangat Pendidikan Nasional, seluruh WBP dapat bisa menyetarakan Pendidikan walaupun masih menjalani Pidana di Lapas Lahat ini
"Diharapkan dengan program ini, banyak dari WBP Lapas Lahat meraih masa depan yang gemilang. Walaupun sempat tertunda, WBP tetap dapat berkesempatan untuk menjadi manusia mandiri seperti penyetaraan pendidikan melalui Paket C. sudah pernah terbukti bahwa meskipun pernah menjadi Narapidana, dengan penyetaraan pendidikan ini, WBP masih bisa masuk ke berbagai bidang usaha, PNS, TNI dan wiraswasata lainnya, bahkan WBP juga bisa melanjutkan sampai Strata satu S1." Harapnya
.
"Perlu diketahui, walaupun Lapas memiliki empat segi tembok, Lapas tetap memberikan garansi kepada WBP untuk memperbaiki masa depan menjadi lebih gemilang.” Tutup Soetopo.

WhatsApp Image 2022 05 17 at 13.28.47

WhatsApp Image 2022 05 17 at 13.28.481

WhatsApp Image 2022 05 17 at 13.28.48

Menu