Warga Binaan Pemasyarakatan Antusias Ikuti Kegiatan Pembinaan Kerohanian di Lapas Kelas IIA Lahat

IMG 20220125 WA0106

Lahat - Bertempat di masjid At Taubah Lapas Kelas IIA Lahat kegiatan pengajian sering kali dan rutin dilaksanakan. Memanfaatkan waktu senggang para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mengikuti Program Pembinaan Kerohanian, sehingga memunculkan suatu harapan perubahan pada kepribadiannya. Selasa, (25/01). 

 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat, Soetopo Berutu telah memerintahkan jajaran pembinaan yang dikoordinir oleh Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak didik untuk terus mengoptimalkan porsi pelaksanaan kegiatan pembinaan bagi para warga binaan. 

 

Salah satu bentuk pembinaan bagi warga binaan adalah pembinaan kerohanian melalui pendekatan keagamaan dan spiritual bagi WBP. Kegiatan yang dilaksanakan melalui beberapa bentuk yang bersifat rutin dilaksakakan antara lain program kegiatan pengajian meliputi pembelajaran mengaji, sholat, hafalan surah-surah pendek, serta penyampaian kultum bagi para WBP. 

 

Kepala Lapas, Soetopo Berutu mengatakan Kegiatan pengajian merupakan sarana dakwah yang menyerukan kepada yang baik dan mencegah yang tidak baik atau tidak dianjurkan, selain itu keagamaan atau pengajian yang umumnya diawali pembinaan dan personalisasi nilai moral bisa juga sebagai stabilisator tingkah laku berujung pada perbuatan. “Apresiasi sebagai pimpinan tetap terus laksanakan dan biarlah hal positif berkembang di dalam kepribadian warga binaan semoga apa yang kita berikan menjadi suguhan yang mengandung nilai manfaat untuk kebaikan bersama”, tutup kalapas. 

 

Salah satu WBP, Efrian menyampaikan ia sangat terbantu dengan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini. "Kami merasa tenang ketika dilibatkan dalam kegiatan pembinaan mental dan kerohanian. Ketika datang, beribadah, dan sharing bersama, kami merasa tidak sendiri dan mampu menghadapi setiap masalah yang dialami,” jelasnya.

 

IMG 20220125 WA0105


Cetak   E-mail